Sunday, July 24, 2011

Terasi

TERASI Terasi

Terasi adalah produk awetan dari ikan atau udang rebon segar yang telah diolah melalui proses pemeraman atau fermentasi, disertai dengan proses penggilingan dan penjemuran yang berlangsung relatif lama ( sekitar 20 hari ).
Terasi umumnya berbentuk padat, teksturnya agak kasar, dan mempunyai kekhasan berupa aroma yang tajam namun rasanya sangat gurih. Terasi yang diperdagangkan ada 2 macam, yaitu terasi udang dan terasi ikan. Terasi udang biasanya mempunyai warna cokelat kemerahan, sedangkan terasi ikan berwarna kehitaman.
Dalam praktiknya, sebagian produsen terasi yang nakal ada yang menggunakan ikan busuk atau limbah (kepala) udang sebagai bahan bakunya. Meski murah, terasi seperti ini kualitasnya buruk dan membahayakan kesehatan.
Melihat dari bahan bakunya, terasi mempunyai kandungan protein, kalsium dan yodium yang cukup tinggi. Namun kandungan tersebut tidak begitu banyak berperan, karena fungsi terasi yang hanya sebagai penyedap mengakibatkan pemakaian terasi dalam masakan sangat sedikit.

*sumber :http://resepmasakanindonesia.info/terasi/*   

No comments:

Post a Comment