Tuesday, November 9, 2010

Woww.. Puluhan Ribu Ikan di Bantul Mati

Puluhan ribu ikan yang dibudidayakan sejumlah petani di Bantul mati akibat terkena lahar dingin. Lahar dingin yang mengalir dari wilayah utara ke seluruh sungai di Bantul, masuk ke kolam-kolam mil ik petani. Untuk sementara petani dihimbau tidak mengalirkan air sungai ke kolam dan menggantinya dengan air tanah.
Berdasarkan laporan yang masuk Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bantul, kematian ikan menyebar di Desa Mulyodadi sebanyak 30.000 ekor, di Srandakan sekitar 12.000 ekor, dan perikanan keramba di perairan sungai di Pleret dan Kasihan sekitar 2.000 ekor.


Kematian ikan menyebar di Desa Mulyodadi sebanyak 30.000 ekor, di Srandakan sekitar 12.000 ekor, dan perikanan keramba di perairan sungai di Pleret dan Kasihan sekitar 2.000 ekor

Kebanyakan yang mati jenis lele. Ikan-ikan tersebut mati karena keracunan belerang yang terbawa oleh lahar dingin Merapi . Kemungkinan angka tersebut masih akan bertambah karena belum semua laporan masuk. Untuk saat ini angka kematian ikan masih dibawah 5 persen. Meski begitu petani tetap harus mewaspadainya, kata Kepala Bidang Perikanan Budidaya DKP Bantul , Bambang Pin Erwanto, Jumat (5/11).

( Sumber :http://www.apabae.co.cc/2010/11/woww-puluhan-ribu-ikan-di-bantul-mati.html )   

No comments:

Post a Comment