Monday, November 8, 2010

Kehidupan Alien di Gunung Api Mars


Ilmuwan menemukan wilayah di Mars yang mungkin menyimpan kehidupan kuno planet tersebut. Materi tersebut diperkirakan terperangkap di bawah lapisan mineral.

Perubahan cuaca planet merah ini berubah secara drastis pada 3,5 miliar tahunlalu. Iklim berganti dari periode basah yang relatif hangat menjadi daerah yang kering dan dingin.

Saat ini, ilmuwan menemukan gundukan mineral yang tersimpan di balik gunung berapi yang berusia 3,5 miliar tahun. Ini bisa menjadi salah satu bukti kehidupan mikroorganisme di Mars.

Pengamatan dari Mars Reconnaissance Orbiter, MASA memungkinkan ilmuwan mengidentifikasi mineral silika terhidrasi.

Ini adalah tanda yang jelas bahwa air pernah muncul di kawasan tersebut. Deposit silika pernah muncul pula di Islandia sebagai contoh di bumi.

Sebelumnya, deposit yang sama juga pernah ditemukan, namun penemuan di wilayah terbaru itu sangat panas sehingga menjadi tempat sempurna bagi kehidupan.

Kawasan yang panas dan cukup air sangat diperlukan untuk membuat zona yang layak huni, ujar J.R. Skok, mahasiswa pascasarjana di Brown University sekaligus penulis utama studi ini di jurnal Nature Geoscience.

Jika kehidupan memang pernah ada di sana, penemuan ini bisa menjadi tempat menjanjikan di mana kita bisa menemukan mikroba kuno, kata Skok lagi.

Deposit ini terletak di zona luas vulkanik datar yang dikenal sebagai Syrtis Mayor.

( Sumber : http://www.apabae.co.cc/2010/11/kehidupan-alien-di-gunung-api-mars.html ) 

No comments:

Post a Comment