Friday, January 11, 2013

Kulit Kesat Setelah Mandi Tanda Anda Sudah Bersih? Belum Tentu!


img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Banyak orang berpikir jika kulit kesat setelah mandi menjamin kulit bersih dan terbebas dari bakteri. Benarkah kulit kesat menjamin bahwa kulit sudah bersih ?

Ternyata, kulit yang terasa kesat setelah mandi bukan tanda kulit Anda bersih dan sehat. Kesat bisa juga berarti menunjukkan kekeringan pada kulit. Hal itu karena, kulit yang kering tidak hanya dipengaruhi dari faktor genetik belaka, namun bisa juga salah dalam memilih sabun.

Lantas sabun seperti apa yang dianggap bisa membuat kulit bersih dan sehat? Dokter Amaranila Lalita Drijono, SpKK memberikan pemahaman bagaimana cara memilih sabun yang tepat.

"Kelembaban kulit yang terkandung sering ada yang hilang pada saat mandi dan terbilas oleh air. Sebaiknya gunakan sabun syntetic detergen yang mengandung pH balanced 5-7, busa yang lebih halus, dan terdapat moisturishing," ujar dokter yang kerap disapa Nila itu, pada acara Dove di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (7/12/2012).

Faktor lainnya yang membuat kulit kering adalah suhu air yang digunakan ketika mandi. Dokter Nila tidak menyarankan menggunakan air panas ketika mandi. Hal itu karena, suhu air yang panas mengangkat kandungan air pada kulit lebih banyak, sehingga menyebabkan kulit jadi lebih kering. Sebaiknya gunakanlah air bersuhu normal atau agak dingin ketika mandi.

"Mandi juga sebaiknya menggunakan air normal atau agak dingin, karena air dingin terdapat oksigen lebih banyak, mampu memicu kontraksi badan, aliran darah lebih lancar, dan bisa awet muda," tambah dr.Nila.

(eny/rma)

___ Selamat Mencoba___
*sumber : http://wolipop.detik.com/read/2012/12/08/110338/2112871/234/kulit-kesat-setelah-mandi-tanda-anda-sudah-bersih-belum-tentu*
 

No comments:

Post a Comment