Sunday, April 22, 2012

Perawatan Tepat Kulit Remaja



Masa remaja merupakan masa kelenjar minyak pada kulit mulai aktif. Mereka pun mengeluh, "Ih, mukaku berminyak banget sih" atau, "Uh, jerawat!"

Pada usia remaja, kelenjar minyak akan memproduksi minyak secara berlebih dan partikelnya pun lebih besar. Akibatnya, minyak yang biasanya keluar melalui saluran pilosebaceous (pilo=rambut,sebum=lemak), justru akan menghambat saluran itu. Inilah yang memicu timbulnya komedo (awal dari jerawat) yang kemudian makin membesar dan terinfeksi.
Kulit manusia lepas setiap 3 minggu dan diganti dengan kulit baru. "Nah, karena terlalu berminyak, pelepasan kulit jadi agak terhambat, sehingga kulit remaja biasanya terlihat kusam. Jerawat juga mulai muncul di usia ini," jelas Dr. Tjut Nurul Alam Jacoeb, Sp.KK (K) dari Klinik Sam Marie, Jakarta.
Kulit sendiri sebetulnya tidak streril terhadap kuman. Kuman selalu ada. Salah satunya adalah kuman p. agnes, yang kalau kena minyak akan semakin subur. "Kuman ini sangat doyan minyak. Jadi, kalau ada minyak yang terkumpul, otomatis akan terjadi proses peradangan dan jadilah jerawat. Yang tadinya cuma komedo, akhirnya jadi merah, jerawatan, dan bernanah," ulas Tjut.
Tjut pun memberi saran untuk perawatan kulit remaja.

a. Di usia ini, minyak justru tidak boleh diberikan, karena besar partikel minyak akan menyumbat saluran pilosebaceous tadi, sehingga memicu komedo dan jerawat. Oleh karena itu, pada remaja tidak dianjurkan memakai pelembab wajah.

b. Pemakaian kosmetik juga harus diperhatikan. "Harus lihat dulu, apa tipe kulit wajahnya," saran Tjut. Ada orang yang lapisan pelindung air di dalam kulitnya tipis. Begitu air diproduksi, langsung menguap. Akibatnya, kulit pun jadi kelihatan kering. Jerawat tetap bisa muncul meski kulit kering. Sebab, jerawat berhubungan dengan kelenjar minyak. Jadi, harus dibedakan antara kulit kering dan kulit normal, terutama kulit wajah.

c. Perawatannya sebetulnya cukup dengan rajin mencuci muka. Pada kulit kering, dianjurkan memakai susu pembersih dan dibilas dengan air atau toner. "Tapi harus hati-hati karena mengandung alkohol yang bisa membuat kulit lebih kering."

d. Pada kulit berminyak, sebaiknya memakai pencuci wajah khusus untuk kulit berminyak untuk menghilangkan minyak-minyak yang ada di permu-kaan kulit. "Tipe ini justru tidak boleh pakai susu pembersih, karena sudah berminyak. Pilih kosmetik yang sifatnya non-comedo genic, yang partikelnya bisa diterima kulit dan tidak malah bikin komedo."

 ___Selamat Mencoba___

*sumber : http://default.tabloidnova.com/article.php?name=/perawatan-tepat-kulit-remaja&channel=kecantikan%2Fkulit* 

No comments:

Post a Comment