Saturday, March 17, 2012

Mengenal Penyakit Hingga Penyebab Disentri


penyakit disentri Disentri mengacu pada gangguan pencernaan yang ditandai dengan peradangan usus, terutama usus besar. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan disentri karena setiap episode diare di mana darah hadir dalam tinja berair. Disentri tersebar di antara manusia melalui makanan dan air yang terkontaminasi. Setelah seseorang terinfeksi, organisme menular tinggal di usus dan dilewatkan dalam tinja orang yang terinfeksi. Dengan beberapa kasus, hewan juga bisa terinfeksi penyakit disentri dan menyebarkan penyakit ke manusia.
Bakteri penyebab disentri umum antara lain kontak dengan bakteri Shigella dan beberapa jenis Escherichia coli (E. coli). Penyebab lain bakteri yang kurang umum dari diare berdarah termasuk infeksi Salmonella dan Campylobacter. Disentri dikaitkan dengan kondisi lingkungan dimana sanitasi yang buruk adalah lazim. Disentri amebic, disebabkan oleh parasit Entamoeba histolytica, yang paling sering ditemukan di daerah tropis dengan kondisi kehidupan yang ramai dan sanitasi yang buruk.

Cara Mengetahui Seseorang terinfeksi Disentri

Disentri adalah gangguan umum tetapi berpotensi serius pada saluran pencernaan yang terjadi di seluruh dunia. Hal ini dapat disebabkan oleh sejumlah agen menular mulai dari virus dan bakteri untuk cacing protozoa dan parasit; mungkin juga hasil dari iritasi kimia dari usus.
Tanda-tanda dan gejala disentri dapat bertahan 5-7 hari atau bahkan lebih lama. Perjalanan penyakit bervariasi antara individu, dimana beberapa orang yang menderita penyakit disentri memiliki gejala ringan, sedangkan yang lain mungkin mengalami diare berat dengan atau tanpa muntah yang dapat menimbulkan risiko dehidrasi. Untungnya disentri dapat dengan mudah diobati dengan antibiotik dan obat antiparasit.
Penyakit disentri jika tidak diobati dapat menyebabkan dehidrasi yang parah. Dehidrasi berat dan ketidakseimbangan elektrolit menyebabkan syok atau koma dan dapat mengancam nyawa. Perawatan medis segera harus dilakukan dan perlu menjadi catatan untuk tidak membiarkan penyebab disentri terus menerus berkembang biak. Jika Anda atau seseorang yang di sekitar terlihat menunjukkan gejala dehidrasi berat seperti kebingungan, kehilangan kelesuan, kesadaran, kulit dingin, atau penurunan pengeluaran urin, maka perlu diwaspadai infeksi penyakit disentri. Tindakan terbaik adalah mencari perawatan medis segera jika terdiagnosis diare dan muntah-muntah dan percaya bahwa ada kemungkinan telah terpapar makanan yang terkontaminasi atau air.

*sumber :http://www.kesehatan123.com/1914/mengenal-penyakit-hingga-penyebab-disentri/*   

No comments:

Post a Comment